Menulis Teks Naratif Bahasa Prancis Dengan Kartu Gambar Berseri Melalui Zoom Meeting
- Mar
- 22

Guru Bahasa Perancis SMA Negeri 2 Ungaran
Seorang guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran. Sekurang- kurangnya, seorang guru hendaknya memiliki pemahaman tentang (a) media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar, (b) fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, (c) seluk-beluk proses belajar,(d) hubungan antara metode mengajar dan media pendidikan, (e) nilai atau manfaat media pendidikan dalam pengajaran (Arsyad: 2004).
Pemakaian media pembelajaran yang menarik, inovatif, dan berdaya guna dapat membangkitkan keinginan dan minat siswa dalam pembelajaran menulis teks naratif bahasa Prancis yang dirasa sulit oleh siswa di sekolah penulis yaitu SMA N 2 Ungaran. Siswa harus memiliki kosa kata yang cukup, pilihan kata yang tepat, serta imajinasi yang cukup tinggi untuk menciptakan sebuah tulisan yang baik. Setelah penulis amati penyebab kesulitan siswa dalam menulis teks naratif bahasa Prancis salah satunya adalah pembelajaran yang dilaksanakan kurang variatif dan tidak menarik minat siswa.
Untuk mencari solusi dari permasalahan di atas, penulis berinovasi dengan membuat Media Kartu Gambar Berseri dalam Pembelajaran Menulis Teks naratif Bahasa Prancis yang praktis dan berdaya guna. Media pembelajaran ini dapat digunakan di dalam kelas maupun di luar kelas. Media gambar berseri adalah sejumlah gambar dimana antara satu gambar dengan gambar lainnya saling berkaitan dan membentuk sebuah alur cerita tertentu.
Proses pembuatan Media Kartu gambar berseri tidaklah begitu rumit. Langkah pertama adalah mengumpulkan gambar-gambar berseri dari internet. Gambar-gambar tersebut selanjutnya dipilih yang layak untuk dijadikan media pembelajaran menulis teks naratif, pemilihan tersebut disesuaikan dengan perkembangan siswa serta gambar bisa menimbulkan daya imajinasi dalam pengembangan sebuah tulisan. Gambar-gambar berseri yang telah diperoleh dan diseleksi selanjutnya dibuat slide di Power Point, tiap slide berisi satu gambar dan urutan gambar diacak sehingga tidak sesuai dengan urutan jalannya cerita. Setiap slide gambar diberi nomor urut sesuai jalan cerita.
Penggunaan media Kartu gambar berseri dalam pembelajaran menulis teks naratif Bahasa Prancis dilaksanakan sesuai dengan RPP yang telah dibuat guru dengan langkah-langkah sebagai berikut; (1) guru meminta siswa untuk bergabung di Zoom Meeting, (2) guru menampilkan dan membaca nyaring sebuah teks naratif bahasa Prancis sederhana, (3) Guru dan siswa melakukan tanya jawab isi teks dan ciri-ciri teks naratif yang baik dan menarik serta cara-cara membuat sebuah teks naratif yang baik,(4) guru menjelaskan cara menggunakan media kartu gambar berseri, kemudian membuat kelompok di Zoom Meeting dan meminta siswa untuk bergabung di kelompok masing-masing(5) guru membagikan media Power Point yang berisi kartu gambar berseri kepada setiap kelompok, (6) masing- masing siswa membuka Power Point dan melihat kartunya, pembagian slide gambar berdasarkan nomor absen siswa, slide pertama untuk siswa yang memiliki nomor absen terkecil dan seterusnya, kemudian yang mendapat slide gambar dengan nomor paling besar mendapat urutan pertama dalam menyampaikan isi kartu yang diperoleh, dilanjutkan oleh nomor-nomor dibawahnya secara berurutan. Masing-masing siswa bercerita tentang isi kartu yang diperoleh menurut kreativitasnya,(7) siswa menuliskan sebuah teks naratif dari hasil kartu gambar berseri yang diperoleh dan diceritakan tadi, (8) siswa merangkai kata-kata yang sesuai sehingga tercipta tulisan yang baik, (9) siswa kembali ke menu utama pada Zoom Meeting (10) guru meminta hasil tulisan siswa dari masing-masing kelompok untuk dikirim ke Google class room . Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan hal hal sebagai berikut. Pembuatan media Kartu gambar berseri dalam pembelajaran menulis teks naratif bahasa Prancis relatif mudah. Penggunaan media Kartu gambar berseri ini dapat meningkatkan proses kreatif siswa dalam membuat teks naratif Bahasa Prancis dan juga hasil tulisannya juga lebih baik dibandingkan dengan tanpa penggunaan media kartu gambar berseri.
Arsip
- Februari 2025
- Januari 2025
- Desember 2024
- November 2024
- September 2024
- Agustus 2024
- Juli 2024
- Juni 2024
- Mei 2024
- April 2024
- Maret 2024
- Februari 2024
- Januari 2024
- Desember 2023
- November 2023
- Oktober 2023
- September 2023
- Agustus 2023
- Juli 2023
- Juni 2023
- Mei 2023
- April 2023
- Maret 2023
- Februari 2023
- Desember 2022
- November 2022
- Oktober 2022
- Agustus 2022
- Juli 2022
- Juni 2022
- Mei 2022
- April 2022
- Maret 2022
- Februari 2022
- Desember 2021
- November 2021
- Oktober 2021
- September 2021
- Juli 2021
- Juni 2021
- Mei 2021
- April 2021
- Maret 2021
- Februari 2021
- November 2020
- Agustus 2020
- Juli 2020
- Juni 2020
- Mei 2020
- April 2020
- Maret 2020
- Februari 2020
- Januari 2020
- Mei 2018
- Juni 2017
- Mei 2017
- April 2017